Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas Ala Ibuku

cara memasak nasi dengan kompor gas

Cara memasak nasi dengan kompor gas sepatutnya dipelajari dan dikuasai oleh seluruh rakyat Indonesia. Pasalnya, mayoritas penduduk Indonesia merasa belum makan jika belum makan nasi. Nasi is life. Dengan segala teknologi dan kemudahan di zaman sekarang, memasak nasi bukanlah hal yang sulit. Tinggal colok dan cetrekin rice cooker lalu tunggu nasinya matang.

Namun, segala kemudahan itu akan ambyar ketika listrik padam dan dalam keadaan yang kepepet. Aku sendiri pernah mengalaminya. Kejadian ini berlangsung pada bulan Ramadan lalu. Biasanya aku masak nasi antara jam 2-3 dini hari. Malangnya nasibku, suatu kali listrik padam tengah malam. Kutunggu hingga dini hari tak kunjung menyala. Karena aku tinggal di daerah yang tidak ada go food dan sejenisnya, maka aku keluarkan jurus rahasiaku, yaitu memasak nasi dengan cara manual.

Berguna juga skill yang diajarkan oleh ibuku. Waktu aku kecil, ibuku selalu memasak nasi langsung dengan dandang. Awalnya memakai kompor minyak tanah, sebelum kompor gas naik daun. Karena sudah terbiasa melihat dan membantu ibu sejak kecil, perkara memasak nasi dengan kompor gas bukanlah masalah besar bagiku. Dan akhirnya kemampuan itu berguna juga setelah aku menikah, ketika keadaan darurat. Jadi, bagaimana cara menanak nasi manual yang diajarkan ibuku? Simak tulisan ini sampai akhir.


Alat dan Bahan untuk Memasak Nasi dengan Kompor Gas

Pertama-tama, siapkan dulu semua alat dan bahan yang diperlukan sebagai berikut:

1. Beras sesuai dengan kebutuhan. Keluargaku yang terdiri dari aku, suami, dan anak usia 5 tahun biasanya 1,5 cup sudah cukup untuk sekali makan, kadang malah kebanyakan. Jangan lupa cuci berasnya sampai bersih dulu sebelum dimasak.

2. Air bersih, takaran airnya sesuaikan dengan banyaknya beras.

3. Kompor gas, pastikan gasnya masih dan cukup untuk memasak nasi sampai matang. 

4. Panci untuk mengaron beras

5. Pengukus, bisa memakai dandang atau kukusan dari t*pp*rware. Jika menggunakan dandang, isi dandang dengan air sampai di bawah batas air, jangan sampai terkena saringan. Jika menggunakan kukusan merek terkenal itu, maka siapkan wajan juga. Tuang air ke wajan, lalu letakkan kukusan itu di atas wajan. Jangan sampai airnya melebihi batas yang tertera pada kukusan.

6. Sutil, centong atau spatula untuk mengaduk.

Langkah Memasak Nasi dengan Kompor Gas

Berikut cara menanak nasi manual dengan kompor gas:

1. Letakkan panci di atas kompor gas, lalu masukkan beras yang sudah dicuci bersih.

2. Tuangkan secukupnya air. Takaran air memasak nasi yang diajarkan ibuku adalah sampai 1 ruas jari di atas permukaan beras. Jangan sampai takaran airnya terlalu banyak atau terlalu sedikit karena menyebabkan nasinya terlalu lembek atau terlalu keras seperti kurang matang.

3. Nyalakan kompor dengan api kecil-sedang. Masak berasnya hingga airnya surut, tidak perlu menutup pancinya. Jangan lupa untuk sesekali mengaduk beras yang dimasak menggunakan spatula atau centong hingga dasar panci agar tidak lengket.

4. Ketika air mulai menyusut dan nasi sudah setengah matang matikan kompor dan aduk lagi nasinya.

5. Panaskan alat pengukus, ibuku menggunakan dandang. Ketika air di dandang sudah mendidih, pindahkan nasi dari panci ke dandang lalu tutup dandangnya.

6. Kukus nasi hingga matang. Waktu yang dibutuhkan untuk mengukus tidak terlalu lama, sekitar 15-20 menit. Jangan terlalu lama ditinggalkan ya karena nasi cepat matang, nanti bisa gosong.

Nah, tidak sulit bukan cara memasak nasi dengan kompor gas? Sejak kejadian mati lampu itu, aku kapok masak nasi menjelang sahur. Jadi aku masak nasi menggunakan rice cooker dulu sebelum tidur, kalau tidak ketiduran duluan sih, hehehe. Silakan dipraktikkan agar tidak kelabakan ketika keadaan darurat dan kepepet.







Post a Comment

0 Comments