IDN Pictures, Dukungan dari IDN Media untuk Industri Film Indonesia di Tengah Pandemi

IDN Pictures


Siapa yang sudah kangen nonton di bioskop sambil makan popcorn? Sudah beberapa bulan bioskop tidak beroperasi, para pecinta film pun harus beralih ke media lain. Walaupun belakangan ini santer kabar bioskop akan dibuka kembali, tetapi masih menimbulkan kontroversi di masyarakat mengingat pandemi yang belum teratasi. 

Kita sebagai penikmat film saja merasakan dampak pandemi terhadap industri film. Apalagi para pekerja di bidang perfilman, mungkin banyak yang kehilangan penghasilan. Aktris senior, Sophia Latjuba sempat membeberkan bahwa lebih dari 35.000 pekerja film menjadi pengangguran atau terpaksa berganti profesi karena banyak produksi film yang dibatalkan. 

Berkurangnya produksi film dan ditundanya penayangan film membuat hiburan berkurang. Padahal menonton film adalah salah satu kegiatan yang aku lakukan ketika mencari inspirasi atau sekadar mengendorkan pikiran. "KKN di Desa Penari" adalah salah satu film yang terpaksa ditunda. Film yang diangkat dari cerita di twitter yang viral itu seharusnya tayang pada pertengahan Maret. Namun, saat itulah masa awal pandemi masuk di Indonesia. 

Di tengah badai yang menerjang industri film ini, IDN Media memberikan dukungan dengan mendirikan IDN Pictures. Siapa yang tidak kenal dengan IDN Media? Perusahaan media multi-platform ini banyak digandrungi generasi millennial dan gen Z. Aku pun sempat menjadi community writer di IDN Times dan mendapat tambahan penghasilan yang lumayanlah. 

Sesuai dengan visinya, yaitu menjadi media yang mendemokratisasi akses informasi yang akurat, bermanfaat, seimbang, dan positif bagi masyarakat, IDN Media menaungi beberapa platform berita. Beberapa di antaranya yang sering aku kunjungi adalah IDN Times yang menyediakan berbagai berita dan informasi, Popmama.com yang bisa menjadi tempat belajar bagi orang tua terutama para ibu, dan Yummy untuk mencari inspirasi resep masakan.

timmy IDN Pictures


Walaupun sudah sangat berkembang dan maju, IDN Media tidak berhenti mengembangkan sayapnya. Kini IDN Media mendirikan IDN Pictures untuk mendukung industri perfilman Indonesia. IDN Pictures lahir setelah IDN Media mengakuisisi Demi Istri Production, sebuah perusahaan film independen yang didirikan oleh sutradara Fajar Nugros dan produser Susanti Dewi pada tahun 2013. Kedua sineas ini telah menghasilkan beberapa film layar lebar seperti Cinta Brontosaurus (2013), Moammar Emka's jakarta Undercover (2017), Yowis Ben (2018 dan 2019), serta Terbang Menembus Langit (2018).

Demi meningkatkan kualitas perusahaan filmnya, Fajar Nugros dan Susanti Dewi berencana melakukan upscale. Beberapa calon investor siap menjadi partner kerja mereka. Namun, mencari partner di industri ini layaknya mencari jodoh, harus ada kecocokan visi dan misi agar bisa berjalan berdampingan. Apalagi proses memproduksi sebuah film sangat kompleks, perlu perjuangan yang panjang untuk mengeksekusi suatu ide menjadi film yang akhirnya bisa dinikmati penonton. 

Setelah beberapa kali bertemu calon partner yang belum klik, Fajar Nugros dan Susanti Dewi bertemu dengan Winston Utomo (Founder dan CEO IDN Media) dan William Utomo (Founder dan COO IDN Media) pada Oktober 2019. Ternyata kedua belah pihak mempunyai kesamaan visi dan misi. Akhirnya terjalinlah kolaborasi melahirkan IDN Pictures yang diresmikan pada 12 Mei 2020 lalu. Kini Fajar Nugros dan Susanti Dewi berperan sebagai Head IDN Pictures.



IDN Pictures
Susanti Dewi dan Fajar Nugros


Optimisme IDN Pictures di Tengah Pandemi

Seperti yang kita ketahui, pandemi belum juga berakhir hingga sekarang. Industri film pun babak belur dihantam pandemi. Para pecinta film beralih ke platform streaming film. Tak heran jumlah subscriber YouTube dan pelanggan netflix meningkat pesat di masa pandemi ini. Kenyataan ini mungkin perlu dimanfaatkan oleh industri hiburan untuk memperbanyak konten di platform tersebut.

Aku pun semenjak pandemi jadi lebih sering nonton untuk mengusir rasa bosan selama stay at home. Jika diperhatikan, platform menonton seperti netflix lebih banyak menyediakan film dan serial dari luar, yang selalu hits adalah drama Korea. Banyak sekali generasi millennial dan gen Z yang menggandrungi hiburan dari negeri ginseng ini. Sesekali aku berandai-andai, akankah Indonesia bisa menyaingi demam drakor ini dengan demam drama Indonesia?

susanti dewi



Dengan hadirnya IDN Pictures, aku pribadi berharap dan menantikan karyanya yang berkualitas. Pasti banyak juga yang berharap IDN Pictures bisa membangkitkan industri film tanah air dan menciptakan karya yang menarik dan menembus pasar dunia. Walaupun pandemi belum berakhir, IDN Pictures tetap optimis bahwa industri film Indonesia akan bertahan dan bangkit kembali. Sebagai perusahaan film berbasis teknologi, IDN Pictures akan memproduksi beberapa karya seperti film, serial, dan produk komersil. 

IDN Pictures juga membuka kesempatan dan menjadi wadah bagi para pembuat film dan komersial untuk berkolaborasi menghasilkan karya yang bermanfaat bagi anak bangsa. Target penontonnya sama seperti IDN Media, yaitu para generasi Millennial dan gen Z. Walaupun begitu, proyek yang disiapkan IDN Pictures lintas genre, jadi bisa dinikmati semua kalangan usia. Semoga saja pandemi segera teratasi dan berakhir agar kita bisa nonton di bioskop lagi tanpa rasa was-was. Dan, semoga sukses selalu ya IDN Pictures, kami menunggu karya-karya ciamiknya.



Post a Comment

14 Comments

  1. Semoga karya-karya mereka bisa muncul walau di tengah pandemi dengan cara yang mengususng protokol kesehatan tentunya. Kolaborasi apik dan punya chermistry ini :)

    ReplyDelete
  2. rasa optimistis ini yang harus segera di sebar ke seluruh anak bangsa meski pandemi belm berakhir tapi berkarya itu tetap harus jalan

    ReplyDelete
  3. Targetnya anak muda ya. Keren banget! Berani dan optimis. Sukses selalu IDN Pictures.

    ReplyDelete
  4. sudah engga sabar mbak buat lihat karya baru dari para sineas yang tergabung dalam IDN Pictures.
    semoga saja sih banyak karya lahir lewat IDN Pictures ini

    ReplyDelete
  5. Semakin banyak film maker yang kolaborasi dengan IDN Pictures tentu akan semakin banyak film2 yang penuh kualitas ;)

    ReplyDelete
  6. senang ya? pandemi tidak merontokkan semangat idn pictures
    ngga sabar nunggu hasil karyanya deh

    ReplyDelete
  7. Keren ya pasangan ini semoga lahir film bermutu dan menginspirasi dari tangan dingin mereka ya...

    ReplyDelete
  8. Sukses selalu untuk kolaborasi upscaling ini. Semoga film filmnya makin disukai banyak penonton dan pandemi ini segera usai

    ReplyDelete
  9. Semoga kerjasama ini bisa mem erika warna baru ya di dunia perfilman..sukses utk IDN Pictures

    ReplyDelete
  10. Ku sudah kangen nonton film baru Indonesia di bioskop. Semoga pandemi ini segera usai dan dunia perfilmanan Indonesia bisa bangkit kembali

    ReplyDelete
  11. Tangan dingin mas Fajar Nugros berkolaborasi dengan IDN Media, ini bakalan menghasilkan karya yang benar keren dan ciamik...ditunggu segera film perdana Mas Fajar Nugros bersama IDN Pictures 🙂

    ReplyDelete
  12. Aku pun menunggu karya mereka nih. Pasti makin keren yaaa setelah melakukan upscale.

    ReplyDelete
  13. Nungguin banget film2 besutan Fajar Nugros dan IDN Pictures. Udah gak sabar nonton film bagus aq tuhhh

    ReplyDelete
  14. Moga industri perfileman Indonesia bisa keren sekelas Korea ya mba.
    Genre dan ceritanya juga makin beragam

    ReplyDelete