Menjadi Millennials Melek Literasi Dengan IDN App

IDN App



Generasi millennial dihadapkan dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Akses untuk memperoleh dan menyebarkan informasi dan berita menjadi semakin mudah. Teknologi informasi pun semakin canggih, hanya melalui genggaman smartphone kita bisa mengetahui apa yang terjadi bahkan di belahan dunia lain.

Namun, kemudahan tersebut bisa menjadi pisau bermata dua. Tidak hanya informasi valid yang beredar, tetapi juga banyak hoax yang tersebar. Oleh karena itu, kita perlu melek literasi agar bisa memilih dan memilah informasi yang diterima. Jangan sampai termakan isu-isu yang belum terbukti kebenarannya, apalagi ikut menyebarkannya.

Literasi bukan hanya tentang bisa membaca dan menulis. Makna literasi lebih luas dari itu, yaitu kemampuan untuk mengolah suatu informasi dan pengetahuan menjadi bermanfaat untuk kehidupan. Artinya, kita perlu kritis dalam menerima informasi dan tidak menelan mentah-mentah setiap informasi dan berita yang beredar.

Namun, sayangnya tingkat literasi masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Dilansir dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika, data UNESCO menyebutkan bahwa tingkat literasi masyarakat Indonesia adalah 0,001%. Hal tersebut berarti dari 1000 penduduk, hanya 1 orang yang melek literasi. Indonesia menduduki peringkat kedua dari bawah dalam tingkat literasi dunia. Sangat memprihatinkan bukan?

Meningkatkan Literasi Digital dengan IDN App

review IDN App


Kemajuan teknologi seharusnya dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi masyarakat. Ketika ingin membaca, tak harus ke toko buku atau perpustakaan dulu. Jika ingin menulis dan berbagi pengetahuan tidak harus mengirimkan naskah tulisan secara fisik ke media atau penerbit. Begitu juga ketika ingin membaca berita terkini, tak harus menunggu tukang koran. Kini semua hal tersebut bisa dilakukan secara digital, misalnya melalui IDN App.

Menghadapi derasnya arus informasi di era digital, generasi millennial perlu lebih kritis, jangan langsung percaya dengan pesan yang beredar apalagi jika tidak jelas sumbernya. Aku sendiri sebagai generasi millennial memilih untuk membaca berita dan informasi dari media terpercaya, yaitu IDN App. Tidak hanya sebagai aplikasi untuk membaca berita, kita juga bisa menjadi penulis di IDN App dan mendapat penghasilan tambahan dengan mendaftar menjadi community writer, lho.

IDN App menjawab kebutuhan kaum millennials yang sangat aktif di dunia digital untuk berjejaring di dunia maya dan membahas isu-isu terkini. Cita-cita IDN App adalah menjadi aplikasi yang tidak hanya untuk baca berita, tetapi juga sebagai media berbagi pengetahuan dan informasi untuk generasi millennial dan gen Z. Nah, tidak perlu ragu lagi untuk mengunduh IDN App di Google Play Store dan App Store sekarang.

Kenggulan IDN App Sebagai Aplikasi Berita Terkini

Kini sangat banyak platform penyedia berita yang tersedia. Pilihanku jatuh kepada IDN App yang bisa menjadi wadah untuk mendapat informasi, berdiskusi, juga bisa berbagi pengetahuan. Sangat cocok untukku yang juga suka menulis. Selain itu, masih banyak lagi keunggulan IDN App, simak info selengkapnya berikut:

keunggulan IDN App


Merupakan one-stop content platform

IDN App adalah one-stop content platform yang menyediakan banyak konten dengan berbagai topik dan sangat lengkap. Berita dan isu dari seluruh dunia juga tersedia secara up to date jadi kita tidak akan ketinggalan berita terkini. Selain berita, banyak topik lain yang bisa kita baca. Bahkan tentang Korean wave pun ada. Wah mana nih millennials pecinta drakor? Sebagai penikmat drakor aku sering mendapat informasi tentang drakor yang sedang hits dari IDN App.

Dengan topik yang beragam dan lengkap, kita tidak perlu membuka berbagai platform berita untuk mencari topik yang kita perlukan. Cukup dengan IDN App kita bisa berselancar ke berbagai berita dan informasi dengan bermacam kategori dari seluruh dunia.

Bisa memilih topik favorit

Walaupun berbagai topik tersedia di IDN App, kita bisa memilih topik favorit kita. Dengan begitu kita  akan lebih banyak mendapat informasi tentang topik favorit kita. Jika suka tentang Korean wave maka bisa pilih topik entertainment. Aku sendiri memilih topik favorit health fitness, health medical, life family, travel destination dan food recipe. Jika preferensi berubah, kita bisa mengganti topik pilihan kita dengan yang lain.

Tampilan newsfeed yang jelas

Saat masuk ke IDN App kita akan disuguhkan dengan berita terpopuler sesuai topik pilihan kita, berita populer dari semua topik, berita unik pilihan meja redaksi dan berita terbaru hari ini agar pembaca selalu up to date. 

Dengan tampilan newsfeed tersebut, pembaca tidak akan ketinggalan berita terkini, misalnya berita yang sedang viral dan sedang hits. Tampilan dan navigasi kategorinya sangat simpel dan jelas sehingga memudahkan para pembaca untuk mengeksplorasi berita dan informasi yang tersedia.

Tidak ada iklan yang mengganggu

Pasti gak nyaman banget kan kalau lagi baca berita tiba-tiba muncul iklan? Apalagi jika tidak sengaja mengklik iklan tersebut sehingga halaman menjadi teralihkan. Konsentrasi jadi terganggu dan hilang deh mood untuk lanjut membaca.

Jika kamu sudah bosan dengan gangguan iklan saat baca berita, kini saatnya beralih ke IDN App. Dengan IDN App kita bisa membaca berita tanpa gangguan iklan sehingga kita bisa betah dan berlama-lama membaca artikel favorit kita.

Tersedia beberapa fitur baca artikel

Ada beberapa fitur yang bisa kita manfaatkan untuk memudahkan mencari artikel. Pertama, kolom pencarian untuk membantu pembaca mencari artikel tertentu. Cukup ketikkan keywordnya, lalu artikel yang mengandung keyword tersebut dan yang berhubungan akan ditampilkan.

Kemudian fitur bookmark untuk menyimpan artikel yang ingin dibaca lagi lain waktu agar tidak lupa. Selain itu, ada juga fitur history untuk menampilkan beberapa artikel yang telah dibaca. Dengan beberapa fitur tersebut, kita lebih mudah mengakses artikel yang ingin kita baca.

Mata tidak cepat lelah dengan night mode

Membaca di layar smartphone memang beda dengan membaca dari media cetak, mata bisa jadi cepat lelah. Namun, di IDN App tersedia fitur night mode yang membuat bacaan digital lebih ramah untuk mata. Ketika kita mengaktifkan fitur night mode, latar menjadi gelap dengan tulisan berwarna putih, membuat mata kita tidak cepat lelah. 

Tersedia fitur tanya jawab

Sebagai generasi millennial yang suka berinteraksi di sosial media, fitur tanya jawab ini sangat membantu. Kita bisa berinteraksi dengan pembaca lain di fitur ini, misalnya membicarakan isu terkini, menyampaikan opini atau menanyakan pendapat. Tak sekadar tanya jawab, IDN App sering berbagi hadiah untuk penanya terbaik, lho.

Banyak banget kan keunggulan IDN App sebagai aplikasi baca berita. Dengan fitur selengkap itu, IDN App tidak memakan banyak kuota, hanya sekitar 10,5 MB saja.

Menjadi Community Writer di IDN App

community writer IDN App


IDN App bukan hanya aplikasi baca berita, tetapi kita juga bisa menulis di IDN App. Jika kamu suka menulis, kamu bisa menulis artikel berbagai topik, cerpen, dan puisi di IDN App. Selain menyalurkan hobi dan berbagi pengetahuan, juga bisa menambah pundi-pundi rupiah mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah. Wow, menarik bukan?

Tahun lalu aku mencoba mendaftar jadi community writer, saat itu masih bernama IDN Times. Awalnya aku hanya coba-coba, berawal dari sering membaca artikel-artikel di IDN Times kemudian muncul keinginan untuk mencoba menulis. Artikel pertama yang aku tulis adalah tentang cara yang bisa dilakukan generasi millennial untuk mengurangi sampah. 

Siapa sangka beberapa menit setelah aku submit artikelku, ada notifikasi bahwa artikelku akan diterbitkan hari itu juga. Sebagai pemula tentunya aku sangat senang, apalagi mendapat tambahan bonus 500 poin atau senilai 50.000 rupiah, lumayan kan. Semenjak itu aku jadi ketagihan menulis di IDN App. Hasil redeem poinnya pun lumayan untuk ibu rumah tangga sepertiku. Walaupun di rumah saja tapi bisa menghasilkan. Beberapa kali aku meredeem poin senilai 1 juta rupiah. Bisa untuk tambahan isi rekening dan beli baju lebaran sekeluarga waktu itu.

Nah, jika kamu ingin menulis artikel di IDN App, berikut langkahnya:

1. Buka IDN App

2. Klik ikon bergambar tanda plus (+) kemudian pilih tulis artikel. Kamu akan langsung dialihkan ke laman penulisan artikel. 

3. Tulis komponen artikel meliputi judul, excerpt, dan isi artikel. Kemudian lengkapi pendukung artikel bisa berupa foto atau tautan dari media sosial. Jika menggunakan foto, pilih yang resolusinya bagus tapi ukuran tidak terlalu besar. Jangan lupa juga menuliskan sumber foto dengan format yang sesuai.

4. Setelah artikel sudah selesai, jangan lupa untuk dicek ulang ya, apakah ada typo atau ada yang kurang. Kamu juga bisa menyimpan artikel menjadi draft agar bisa diedit lagi lain kali.

5. Jika sudah yakin dengan artikel yang kamu tulis, kamu bisa langsung submit.

6. Artikel yang sudah disubmit akan dimoderasi oleh editor, apakah akan diterbitkan, harus direvisi, atau ditolak. Tenang, jika harus direvisi ada keterangannya bagian mana yang perlu diperbaiki, jadi kamu tidak akan bingung. Begitu juga jika ditolak, alasannya akan dicantumkan. Bukan seperti gebetanmu yang menolak tanpa alasan yang jelas.

7. Status artikel yang kamu submit bisa dilihat di halaman profil dan akan ada notifikasi jika artikelmu terbit.

8. Sambil menunggu artikel dimoderasi, kamu bisa tulis lagi artikel sebanyak-banyaknya.

Fitur penulisan artikel di IDN App sangat mudah dipahami sehingga kita bisa langsung menulis. Kamu bisa memilih bentuk narasi atau listicle (poin-poin). Terdapat beberapa panduan menulis yang bisa kita baca di halaman profil.

menulis di IDN App


Keuntungan menjadi community writer di IDN App


Menjadi community writer dan berhasil menerbitkan artikel di IDN App akan membuat tulisan kita dibaca dan bermanfaat bagi banyak orang. Selain sebagai sarana berbagi, kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Semakin banyak jumlah pembaca artikel kita, maka semakin banyak juga penghasilan yang bisa didapat. Jadi, jangan lupa untuk membagikan artikel yang berhasil terbit di IDN App ke media sosial kita agar semakin banyak yang membaca. 

Selain dari jumlah pembaca, juga banyak bonus poin untuk yang berhasil menerbitkan artikel. Misalnya bulan September ini ada bonus 1000 poin atau senilai 100.000 rupiah jika berhasil menerbitkan 4 artikel tema kesehatan dan beberapa bonus poin lain. Bonus poin ini berlaku kelipatannya. Jika sudah mencapai 2500 poin yang setara dengan 250.000 rupiah bisa diredeem ke rekening pribadi. Jadi semakin banyak menerbitkan artikel, semakin banyak juga penghasilan yang bisa didapat.

Wah, banyak banget kan manfaat dan keunggulan IDN App. Yang pasti IDN App sangat membantu untuk meningkatkan literasi digital anak bangsa, khususnya generasi millennial dan gen Z. Yuk, segera download dan rasakan manfaatnya.





Post a Comment

0 Comments