Review Drakor "Mystic Pop Up Bar", Kedai Misterius Tempat Curhat Para Pelanggan

mystic pop up bar


Assalamu'alaikum wr wb. Sudah beberapa minggu blog ini tidak kuurus karena manajemen waktuku yang berantakan sampai tidak sempat melanjutkan tulisan ini. Aku bersihkan dulu sarang laba-labanya ya wkwk. 

Kali ini aku mau menulis yang ringan dulu sebagai pemanasan, yaitu review drama korea alias drakor yang berjudul Mystic Pop-up Bar.

Sesuai dengan judulnya, mystic pop-up bar bercerita tentang sebuah kedai misterius yang bisa hilang lalu muncul kembali. Pengelolanya mempunyai sebuah misi di balik kedainya tersebut. 

Kedai ini tidak seperti kedai DanBam di Itaewon Class yang merupakan kedai kekinian, modern, dan yang pasti pengelola dan pengunjungnya adalah manusia nyata. Mystic pop up bar adalah kedai misterius yang sudah berusia 500 tahun. Kedai ini merupakan kedai tenda di pinggir jalan yang buka di malam hari dan setiap harinya menyajikan menu yang berbeda-beda. Pengunjungnya tidak hanya manusia, tapi juga roh halus, bahkan malaikat kematian.

Drama ini tayang di channel JTBC  dan netflix, merupakan adaptasi dari sebuah webtoon. Total episodenya ada 12 dan episode terakhir tayang pada akhir Juni lalu. Ratingnya tidak terlalu tinggi, tetapi menurutku drama ini layak ditonton karena cukup menghibur dengan selingan komedinya. Kisah di setiap episodenya juga menyiratkan pesan dan hikmah yang bisa diambil. 

Aku memutuskan menonton drama ini setelah secara tidak sengaja melihat cuplikannya di instagram. Ketika ketiga tokohnya berusaha membuka alam bawah sadar seseorang, alam bawah sadar digambarkan dengan tangga melingkar tiada akhir. Untuk membuka alam bawah sadar tersebut ternyata butuh password, wkwk. Jika salah memasukkan password tiga kali maka mereka akan jatuh ke jurang tanpa akhir. Sepertinya drama ini seru, menarik, dan lucu, jadi aku coba menonton episode pertamanya dan malah berlanjut sampai tamat.

Mystic Pop-up Bar bergenre horor, komedi, dan fantasi. Bercerita tentang era Joseon hingga era modern serta menggambarkan kehidupan di akhirat dan dunia mimpi. Pokoknya out of the box seperti kebanyakan drama Korea bertema fantasi lainnya.

Pemeran dan Tokoh Mystic Pop-up Bar

Drama ini mempunyai tiga tokoh utama yang merupakan pengelola kedai, yaitu:

1. Wol Ju sang pemilik kedai diperankan oleh Hwang Jung Eum

mystic pop up bar


Wol Ju adalah arwah yang menjelma menjadi manusia yang dihukum ke bumi untuk membantu menyelesaikan masalah manusia, targetnya adalah 100.000 dalam waktu 500 tahun. Caranya adalah dengan masuk ke dunia mimpi seseorang lalu membantu orang tersebut menyelesaikan masalah melalui mimpi. 

Karena itu dia membuat kedai, berharap pelanggannya bisa menceritakan masalahnya dengan sukarela atau ketika mabuk. Jika Wol Ju menemukan target, dia akan memberi minuman khusus yang membuat orang tersebut tertidur sehingga Wol Ju bisa masuk ke alam mimpinya. Jadi kedai ini semacam tempat konseling gitu kali ya.

Wol Ju adalah anak seorang dukun, dia lahir di era Joseon. Ketika masih hidup di  era Joseon, Wol Ju membantu menyembuhkan putra mahkota dengan masuk ke mimpi putra mahkota. Setelah itu, mereka saling jatuh cinta. Namun, tentu saja sang permaisuri tidak setuju dan berencana menikahkan putra mahkota dengan wanita lain.

wol ju


Suatu malam, ibunya Wol Ju menyuruh Wol Ju kabur dari rumahnya. Ternyata malam itu ibunya dibunuh dan siapa dalang di balik pembunuhan itu menjadi misteri. Wol Ju sangat marah dan kecewa kepada putra mahkota yang berjanji akan melindungi Wol Ju dan ibunya.

Kemudian Wol Ju bunuh  diri dengan menggantung lehernya di pohon keramat. Karena itulah, dia dihukum. Roh pohon keramat marah menjadi marah dan menjelma ke dalam tubuh seorang manusia. Manusia yang merupakan penjelmaan pohon keramat akan menderita selama hidupnya.


2. Manajer Gwi yang diperankan oleh Choi Won Young

mystic pop up bar


Dalam mengelola kedai, Wol Ju dibantu oleh manajer Gwi. Manajer Gwi dulunya adalah polisi alam baka, kemudian ditugaskan untuk membantu Wol Ju. Tak heran manajer Gwi jago bela diri dan sering membantu menangkap arwah jahat yang lepas dan gentayangan.

Selain itu, manajer Gwi juga bisa menyamar dengan mengubah wajah dan bentuknya menjadi orang lain bahkan makhluk lain. Pernah berubah jadi ayam dan ngobrol sama ayam lain, LOL.

Ternyata manajer Gwi mempunyai  rahasia tentang identitasnya sebenarnya. Dia tidak memberi tahu kepada Wol Ju sampai akhir. Apakah rahasianya? Simak tulisan ini sampai selesai ya.

3. Han Kang Bae yang diperankan oleh Yook Sung Jae

ssanggap pocha

Ternyata Yook Sung Jae ini adalah personil salah satu boy band, aku baru tahu karena memang tidak mengikuti KPop.

Han Kang Bae adalah seorng karyawan supermarket yang merasa dirinya dikutuk. Setiap orang yang bersentuhan dengannya secara otomatis akan curhat, menceritakan masalah pribadi. Karena itu, Kang Bae menghindari orang-orang agar tidak bersentuhan.

Dia merasa tidak berguna jika hanya mendengarkan curhatan orang lain tanpa memberikan solusi. Kemampuan Kang Bae inilah yang dibutuhkan oleh Wol Ju. Ketika Wol Ju mengetahui kemampuan Kang Bae, dia langsung mengajak bahkan memaksa Kang Bae untuk bergabung di kedainya dengan menjanjikan akan menghapus kemampuan Kang Bae tersebut.

Kang Bae bertugas untuk menyentuh pelanggan kedai agar curhat. Semakin banyak pelanggan kedai yang menceritakan masalahnya, maka Wol Ju bisa membantunya, dan target Wol Ju bisa segera terpenuhi.

Ternyata di balik kemampuan Kang Bae, ada rahasia di baliknya. Apakah kira-kira?

Selain ketiga tokoh tersebut, banyak tokoh pendukung lainnya yaitu:
1. Malaikat kematian diperankan oleh Lee Jun Hyeok

ssanggap pocha

Di drama ini, jika malaikat kematian tidak sedang bertugas, dia bisa jalan-jalan seperti manusia biasa. Malaikat kematian adalah jelmaan dari pengawal putra mahkota dulu.

2. Kang Yo Rin yang diperankan oleh Jung Da Eun

mystix pop up bar

Kang Yo Rin adalah seorang perempuan yang jago bela diri dan bekerja sebagai petugas keamanan supermarket. Dia selalu gagal ketika menjalin hubungan dengan laki-laki. Setiap laki-laki yang dia dekati akan menjauh dan ketakutan. Karena itu Yo Rin tidak mau lagi berhubungan dengan laki-laki.

Namun, ternyata tidak begitu dengan Kang Bae. Kang Bae tidak menjauhi Yo Rin dan Yo Rin juga tidak otomatis curhat ketika bersentuhan dengan Kang Bae. Wah ada apa ini ya?

Berbagai Kisah Dalam Mystic Pop-up Bar

mystic pop up bar

Banyak kisah dengan berbagai pelajaran di drama ini. Cerita dan masalah pelanggan kedai yang dibantu Wol Ju pun beragam. Mulai dari masalah keluarga, persahabatan, kisah cinta, dan isu sosial seperti masalah nepotisme penerimaan karyawan.

Salah satu kisah pelanggan yang dibantu Wol Ju adalah seorang ibu yang membesarkan anak perempuannya sepenuh hati. Di saat anaknya akan menikah, sang ibu menolak memakai make up, alasannya adalah karena alergi.

Namun, ternyata bukan itu, dia merasa bersalah atas masa lalunya yang menghancurkan hubungan ayah dan ibu kandung putrinya. Iya, anaknya bukan anak kandung, tetapi anak dari seorang pekerja restorannya dulu. Wol Ju and the gank membantu mereka mereka mencari tahu kebenaran dan di mana ayah kandung putrinya.

Itu baru satu kisah, masih banyak lainnya. Walaupun ada berbagai kisah, tetapi penyajiannya tetap nyambung, pokoknya nggak maksain.

mystic pop up bar


Penyajian alam mimpi, alam baka, dan akhirat sangat unik dan kocak. Bagaimana penentuan reinkarnasi dibagi menjadi beberapa level melalui persidangan. Jika semasa hidup menjadi orang baik maka mendapat level A dan bebas memilih reinkarnasi jadi apa. 

Namun, jika semasa hidup jadi orang jahat, maka bisa reinkarnasi jadi ayam atau jadi batu, bahkan tidak mendapat kesempatan reinkarnasi. Sebelum dilahirkan kembali, para arwah tersebut masuk sebuah bilik untuk menghapus ingatan hidup sebelumnya. Ternyata, hidup kembali dengan membawa ingatan hidup sebelumnya itu nggak enak gaes, jadi nggak bisa move on gitu wkwk.


Ini salah satu penggambaran perlombaan di alam baka oleh para arwah. Kocak.



Misteri yang terkuak di akhir episode

mystic pop up bar

Jadi, selama pertengahan episode para penonton dibuat penasaran, siapa sebenarnya putra mahkota? Apakah Kang Bae atau manajer Gwi? Karena kedua orang itu menunjukkan gelagat yang sama dengan putra mahkota dulu. 

Selain misteri tentang siapa putra mahkota, misteri siapa pembunuh ibunya Wol Ju juga belum terungkap. Beberapa misteri ini terungkap berkat bantuan Yo Rin.

Suatu malam, Yo Rin pergi ke kedai Wol Ju. Tanpa sengaja, Yo Rin meminum minuman khusus sehingga dia tertidur. Saat itulah dia berubah menjadi sosok nenek memakai hanbok, pakaian tradisi Korea. Ternyata Yo Rin adalah reinkarnasi dari gunung Sinabar.

Ternyata gunung juga punya roh. Sinabar adalah bukit yang dipercaya punya suatu kemampuan. Batu dari sinabar punya banyak kekuatan. Sayangnya Sinabar harus hancur karena keserakahan seseorang yang ingin merebut kekuasaan putra mahkota.

sinabar


Sinabar juga menyaksikan laki-laki tersebut bersimbah darah pada malam ibunya Wol Ju terbunuh. Misteri pembunuhan ibu Wol Ju terungkap berkat Sinabar. Karena laki-laki tersebut Sinabar tidak mau berhubungan lagi dengan laki-laki lain, sehingga dia mengganggu setiap laki-laki yang mendekati Yo Rin.

Laki-laki tersebut ternyata adalah sahabat putra mahkota dulu. Karena rencana jahatnya untuk merebut kerajaan, putra mahkota membunuhnya. Kini arwahnya melarikan diri dari neraka dan gentayangan untuk balas dendam kepada putra mahkota dan Wol Ju.

Suatu ketika arwah jahat tersebut mendatangi Wol Ju ketika sendirian di kedai. Lalu Kang Bae datang di saat yang tepat, tapi sayangnya sekali dihempas Kang Bae langsung pingsan.

Ketika arwah jahat menyerang Wol Ju, tiba-tiba Kang Bae berubah. Matanya menyala-nyala menunjukkan bayangan sebuah pohon. Ternyata Kang Bae adalah reinkarnasi dari pohon keramat yang dulu dipakai Wol Ju gantung diri. Satu misteri lagi terkuak.

Dan ternyata, reinkarnasi pohon keramat tersebut adalah anaknya Wol Ju sama putra mahkota. Kok bisa? Iya, Wol Ju bunuh diri tanpa tahu kalau dia lagi hamil. Misi Wol Ju untuk membantu 100.000 orang bukan hanya sebagai hukuman atas perbuatannya dulu tetapi juga membantu anaknya yang ikut menderita atas ulahnya gantung diri di pohon keramat.

han kang bae


Jadi roh pohon keramat menjelma ke reinkarnasi anaknya Wol Ju, tak lain adalah Kang Bae. Jadi selama ini, misinya Wol Ju juga adalah tentang Kang Bae. Lalu siapa putra mahkota? Tak lain dan tak bukan adalah manajer Gwi.

Selama menemani Wol Ju, manajer Gwi menyembunyikan identitasnya dari Wol Ju. Tapi mulai ketahuan karena permaisuri muncul secara tiba-tiba. Kok bisa?

Ternyata permaisuri reinkarnasi jadi seorang desainer baju. Suatu saat dia mengalami koma dan setelah koma dia ingat dengan kehidupan masa lalunya.

Namun, sebenarnya Wol Ju tahu pasti bahwa manajer Gwi adalah putra mahkota dari hal lain. Apa itu? Tonton sendiri saja ya.

Jadi intinya, Wol Ju dan manajer Gwi ternyata adalah orang tua Kang Bae. Lalu Kang Bae sama Yo Rin jadian. Hanya di drama ini gunung dan pohon bisa menjalin tali asmara wkwk.

ssanggap-pocha

Drama ini berakhir dengan bahagia, happy ending. Jadi, buat kalian yang suka dengan drama fantasi, komedi, dan romantis tipis-tipis aku merekomendasikan drama ini.

Nonton drama ini aku jadi pengen mampir ke kedai Wol-Ju makan tteokboki, makarel bakar, dan menu lainnya sambil curhat. ehehe






















Post a Comment

5 Comments

  1. Aku juga nonton ini nih kak, dan suka banget sama jalan ceritanya. Comedynya dapat, romancenya dapat, sedih dan lucunya dapat gitu. Campur aduk deh kalau nonton drakor ini, apalagi menjelang eps akhir, mewek banget aku 😂
    Btw, kakak suka genre romcom kah? Nonton Backstreet rookie nggak? Masih on-going sih tapi bagus juga, lucuuu. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, blm nonton backstreet rookie, bagus ya? Masih ngikutin it's ok to not be ok aja :)

      Delete
    2. Bagus kak! Kalau suka comedy, recommended deh. Comedynya absurd receh, setiap eps pasti ada aja adegan yang bikin ngakak hahaha. Mana Ji Chang Wook manis banget 🤭
      It's okay no to be okay juga bagus, tapi menurutku ada bagian yang bikin bosan yaitu hubungan antara Gang Tae dan Moon Young kayak tarik ulur terus 😅
      Walaupun begitu, aku tetap nonton sih karena dikit lagi tamat, pengin tahu juga akhirannya gimana sih huahaha.

      Delete
  2. Dari awal nonton drama ini gak ada ekspektasi apapun, cuma mau lihat Sung Jae yang waktu itu berangkat wamil. Tapi, siapa sangka kalo drama ini ternyata bagus bangettt, aku suka banget nonton ini... sedih sih cuma 12 episode tapi emang wajib banget untuk ditonton!

    ReplyDelete