Jurnal Pekan ke-7, Merayakan Kemajuan Mentoring

by - July 07, 2020

kemajuan mentoring blogging


Tak terasa sudah 7 minggu belajar ngeblog di program mentoring bunda cekatan IIP. Di pekan ke-7 ini saatnya untuk merayakan kemajuan yang dicapai. Pencapaian sekecil apapun perlu dirayakan untuk mengapresiasi diri dan sebagai cambuk penyemangat agar terus konsisten dan fokus pada tujuan.
 
Sudah banyak tahap yang dilalui selama tujuh pekan ini. Kami sudah membuat tujuan, action plan, merayakan kesalahan (false celebration), membuat master mind, dan sekarang merayakan kemajuan. 

Baru di kelas bunda cekatan ini saya merayakan kesalahan (false celebration), bukan untuk berbangga atas kesalahan yang dibuat, tapi untuk belajar dari kesalahan. Setelah menyadari kesalahan, kita bisa segera bergerak untuk mencari solusi dan belajar dari kesalahan tersebut agar tidak mengulanginya lagi di lain waktu. Jangan hanya fokus pada masalah, tapi fokus pada solusi, begitu nasihat yang sering diucapkan Bu Septi.

It's okay to make mistakes as long as you learn from your mistakes. -Bu Septi-
 
Kesalahan saja dirayakan, apalagi kemajuan. Dengan merayakan kemajuan, kita bisa melihat sudah sejauh apa kita melangkah, apakah sudah sesuai tujuan, ataukah harus membelokkan jalur untuk mencapai tujuan. Menuliskan kemajuan juga bisa menjadi acuan untuk mengambil langkah selanjutnya.

Jadi sekarang saatnya kami merayakan kemajuan sebagai mentor dan sebagai mentee dengan menuliskan surat cinta untuk mentor dan mentee masing-masing.

Untuk Mentorku, Mbak Marita

Hai Mbak Marita, terima kasih telah mendampingiku belajar blogging dari nol. Terima kasih sudah menjawab semua pertanyaanku, walaupun kadang pertanyaanku absurd. Terima kasih untuk semua tutorial yang diberikan. Terima kasih atas dukungan dan semangatnya ketika aku kehilangan semangat ngeblog.

semakin ke sini mentoringnya semakin menantang dengan adanya challenge. Aku jadi "dipaksa" untuk belajar dari challenge, "dipaksa" untuk menulis setiap hari, dan "dipaksa" untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan dari feedback yang diberikan. Aku belajar banyak selama mentoring ini. Terima kasih juga untuk surat cintanya.

kemajuan mentoring


Untuk Menteeku, Mbak Raida

Terima kasih sudah memilihku menjadi mentor. Mungkin banyak kekuranganku dalam membersamai Mbak Raida selama 7 pekan ini, mohon dimaafkan jika tidak sesuai ekspektasi mbak Raida. Terima kasih untuk ucapan "calangeooo" yang sering diucapkan di messenger, walaupun aku belum maksimal menjadi mentor. Terima kasih juga untuk feedbacknya.

Selamat atas kemajuan healthy lifestylenya. Aku tahu Mbak Raida pasti bisa mengembalikan kebiasaan sehatnya zaman dulu. Keep fighting!!

kemajuan mentoring


Perasaanku Selama Mentoring

Selama proses mentoring ini perasaanku macam-macam, baik sebagai mentor maupun mentee. Ada kalanya aku sangat semangat, biasa saja, dan pernah juga sampai down dan kehilangan semangat hingga mengabaikan blog. Namun, rasa yang dominan adalah senang dan semangat karena belajar hal yang baru.

Rasanya berbinar-binar ketika berhasil mempelajari satu hal baru, walaupun hal kecil. Lebih senang lagi ketika bisa memperbaiki isi dan penampilan blog, lebih-lebih senang lagi ketika tahu ternyata ada konten blogku yang berhasil masuk google walaupun belum banyak.

Aku adalah orang yang suka iseng mengetikkan namaku di google, lalu kulihat apa yang muncul. Daaaan, senangnya ketika aku menemukan beberapa konten blog walaupun hanya gambar muncul di hasil pencarian. Yah, setidaknya itu sudah satu kemajuan. Untuk ini aku sangat-sangat berterima kasih kepada Mbak Marita.

Untuk menggambarkan perasaan selama mentoring, kurang lebih seperti kupu-kupu di bawah. Warna-warni, gelap dan cerah seperti perasaanku yang tidak menentu.

pencapaian mentoring







 
 

You May Also Like

0 comments