Makna Dibalik Nama Serendipity dan Tujuan Ngeblog

nama blog


Kali ini saya akan menceritakan kelanjutan perjalanan saya membuat blog dari nol (lagi). Setelah membulatkan tekad untuk membuat blog, ada hal lain yang saya pikirkan, yaitu nama blog dan tujuan ngeblog. Saya ingin memakai Top Level Domain (TLD), jadi saya harus menentukan nama domain, karena jika sudah beli nama domain maka tidak bisa gonta-ganti seenak hati. 

Perkara memikirkan nama domain ini saja memakan waktu berhari-hari, macam memikirkan nama anak kedua saja. Beberapa yang terpikir saat itu adalah memakai nama sendiri, tapi orang bernama Wiwit di Indonesia Raya ini sangat banyak. Lalu  terpikir juga nama ibudokter(dot)com, tapi rasanya kok gimana gitu, lagian saya ingin menulis banyak tema, jika memakai nama itu sebaiknya khusus tentang kesehatan.

Suami saya sudah berkali-kali bertanya, "Sudah dapat nama belum?" karena pak suami yang akan mengurus urusan beli domain ini, saya tinggal setor nama saja. Akhirnya saya teringat dengan kata unik yang saya temukan di tumblr dulu, yaitu "serendipity." Namun ternyata nama ini sudah ada yang pakai untuk (dot)com. Tak mau menyerah begitu saja, jadilah saya pakai my id setelah mencari tahu kelebihan dan kekurangannya.

Makna Serendipity

Serendipity merupakan kosakata Bahasa Inggris. Dilansir dari vocabulary.com, serendipity mempunyai arti good luck in making unexpected and fortunate discoveries. Jadi kurang lebih makna serendipity adalah menemukan keberuntungan atau sesuatu yang menyenangkan secara tidak sengaja, saat tidak bermaksud mencarinya.

serendipity

Saya langsung suka dengan istilah ini setelah membacanya, jadilah saya memakai nama ini untuk blog saya. Nama adalah doa bukan? Seperti orang tua yang memberikan nama untuk anaknya dengan menyematkan harapan dan doa, serta makna yang bagus dan indah. Begitu pula saya memberikan nama serendipity untuk blog, saya berharap para pembaca menemukan sesuatu yang menarik, menyenangkan, dan bermanfaat ketika membaca tulisan-tulisan di blog saya.

Saya masih perlu untuk terus belajar mengelola blog dan menulis. Jadi, blog saya ini sekaligus menjadi sarana saya untuk meningkatkan jam terbang ngeblog dan menulis. Oleh karena itu, jika para pembaca sekalian menemukan kesalahan atau punya saran dan masukan untuk saya, boleh langsung disampaikan ya. Saya akan sangat menerima masukan untuk blog dan tulisan saya.

Apa Tujuan Ngeblog?

Ketika memilih suatu kegiatan atau profesi, pasti ada satu pertanyaan yang mengikut, "Untuk apa atau kenapa?" Waktu kecil dulu pasti sering ditanya, "Cita-citamu apa?" Lalu dijawab, "Ingin jadi profesor." Pertanyaan selanjutnya pasti, "Kenapa?" Jawaban dari kenapa ini bisa sangat banyak, misalnya," Bikin pesawat terbang, kubuat sendiri." (Ini adalah lagunya joshua waktu kecil, jika kamu tahu berarti kita seumuran, alias tidak lagi muda wkwk). Niat dan tujuan memang perlu ditentukan dari awal, agar tidak salah arah. Jadi, ketika saya memutuskan untuk belajar ngeblog, maka saya juga perlu membuat tujuan ngeblog secara jelas. Berikut beberapa tujuan saya ngeblog:

tujuan ngeblog

1. Menyalurkan hobi dan sarana mengekspresikan diri

Bagi yang mempunyai hobi menulis, blog bisa menjadi salah satu pilihan untuk menyalurkan hobi. Di blog pribadi, kita bebas menuliskan  apapun. Saya lupa sejak kapan saya mulai suka menulis, tetapi seingat saya dulu waktu sekolah saya tidak begitu suka dengan tugas mengarang. Untuk membaca, saya sangat suka sejak kecil, komik, novel, dan buku non fiksi saya suka semua. Saya pertama kali membuat blog waktu kuliah dan saya pernah menuliskan saya ingin menjadi penulis. Saat itu juga saya sangat ingin ikut kelas menulis, tapi terhalang oleh jadwal kuliah.

Semakin kesini saya semakin suka menulis, tentang apa saja. Jadi, blog ini menjadi sarana saya menyalurkan hobi menulis. Saya bisa menulis apapun di blog sehingga blog juga menjadi sarana saya mengekspresikan diri. Apalagi saya adalah tipe yang lebih suka menulis daripada ngomong langsung. Saya lebih nyaman mengungkapkan isi hati dan pikiran melalui tulisan, karena jika berbicara langsung kadang kecepatan mulut berbicara lebih cepat daripada kecepatan otak berpikir. Kalau tulisan kan bisa diedit dulu sebelum dipublish hehehe.

2. Sebagai tempat curhat

Konon menulis adalah  salah satu cara self healing. Sebenarnya saya tidak sepenuhnya paham dengan hal itu. Yang saya pahami adalah saya bisa curhat melalui tulisan. Ya walaupun saya tidak akan curhat secara eksplisit, hanya menyiratkannya saja dalam sebuah tulisan. Blog ini juga akan menjadi tempat saya curhat, jadi bisa saja isi tulisannya random, tergantung suasana hati, tolong dimaklumi ya.


3. Berbagi ilmu dan pengalaman

Di era teknologi dan internet seperti sekarang, banyak orang yang mencari informasi melalui internet. Jadi, blog bisa menjadi sarana membagi ilmu dan pengalaman. Apalagi jika mempunyai basic keilmuan tertentu, wah bisa banget tuh menuliskannya di blog.

Nah, walaupun mungkin saja saya curhat di sini, tapi saya akan berusaha membagikan ilmu atau pengalaman yang bermanfaat. Karena salah satu alasan saya mencari mentor ngeblog adalah untuk belajar menjadi blogger  profesional, jadi saya akan berbagi ilmu dan pengalaman juga di sini.

Background pendidikan saya adalah di bidang kesehatan. Sebenarnya banyak hal yang bisa dibagikan. Apalagi sekarang masih banyak hoax dan mitos yang beredar seputar kesehatan, banyak yang percaya pula. Hal tersebut masih menjadi PR kami para tenaga kesehatan. Jadi, walaupun mungkin efeknya tidak besar, saya akan berusaha berkontribusi melalui tulisan di blog ini. Semoga saja banyak manfaat yang bisa diambil ya.

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. - Pramoedya Ananta Toer
 
4. Mengikat ilmu

Menulis adalah salah satu cara untuk mengikat ilmu. Jika hanya membaca atau mendengarkan secara sekilas biasanya akan cepat lupa. Oleh karena itu saya perlu membuat catatan atau rangkuman setelah membaca buku atau mengikuti seminar. Agar catatan yang saya buat juga bermanfaat untuk orang lain, maka saya tulis saja di blog.

5. Syukur-syukur bisa menghasilkan uang dari ngeblog

Lho, memangnya bisa dapat uang dari ngeblog? Ternyata bisa pemirsa. Awalnya saya cuma tahu penghasilannya dari iklan saja, tapi ternyata ada banyak. Bisa review produk, content placement atau postingan berbayar. Saya juga tahu ini setelah nyemplung lebih dalam ke dunia para blogger. 

Namun, hasil suatu perbuatan adalah kembali ke niat, jadi sayang sekali jika niatnya hanya untuk uang walaupun tidak salah, toh halal juga kok. Saya sendiri lebih berharap semoga menulis bisa menjadi salah satu bentuk ibadah. Semoga tulisan-tulisan saya bisa bermanfaat dan menjadi pemberat amal baik.

Jadi saya hanya perlu fokus dan bersungguh-sungguh untuk nulis, jika nanti ada tawaran job ya alhamdulillah. Tidak akan saya tolak selama tidak bertentangan dengan prinsip saya.

Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai dengan apa yang dia niatkan. -HR. Bukhari & Muslim





Post a Comment

4 Comments

  1. Setuju mbak.. kalau tujuannya sudah soal suit, nanti saat duitnya nggak didapat Juga nanti cepet nglokro. Semangat terus untuk berbagi ilmu & inspirasi :)

    ReplyDelete
  2. Saya tujuan bikin blog awalnya cuman menulis diary sama belajar menulis juga sih. Terus pernah vakum di tahun 2019 dan di Bulan ramadhan 2020 karena masalah mod saya yang benar-benar kacau banget waktu itu.


    Dan sampai sekarang ini alhamdulillah saya masih terus berusaha untuk rajin menulis di blog .



    Semangat menulis kak, kita juga sama-sama belajar kok :)

    ReplyDelete
  3. Wah, udah lama ya ngeblognya. Semoga lancar ya ngeblognya. Salam kenal :)

    ReplyDelete