Tips Memilih Sunscreen dan Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Memakai Sunscreen



“Percuma pakai skincare dengan harga berjuta-juta kalau nggak pakai sunscreen,” begitu kurang lebih perkataan seorang dokter spesialis kulit hits yang saya ikuti di instagram. Memangnya sepenting apa sih pakai sunscreen? Jawabannya penting banget!

Sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit yang berfungsi melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Sinar matahari mengandung ultraviolet A (UV A) dan ultraviolet B (UV B) yang dapat merusak kulit. Paparan sinar matahari secara langsung pada kulit dapat menyebabkan kulit terbakar atau sunburn, flek hitam, kulit kusam, penuaan dini, hingga kanker. Oleh karena itu, sunscreen adalah skincare yang wajib dipakai.

Tips memilih sunscreen

Jenis  sunscreen juga berpengaruh pada efektivitasnya. Oleh karena itu, simak tips berikut sebelum membeli sunscreen:

1. Pilih sunscreen broad spectrum
Sunscreen broad spectrum artinya mengandung SPF dan PA. Biasanya kandungan tersebut tertulis jelas di kemasannya. SPF (Sun Protecting Factor) berfungsi untuk melindungi kulit dari efek buruk UV B. Semakin tinggi SPF maka kadar perlindungannya akan semakin tinggi. Untuk cuaca Indonesia pilih minimal SPF 30, tetapi jika beraktivitas di lapangan dengan paparan sinar matahari yang sangat terik, pilih SPF yang lebih tinggi.

PA (Protecting Grade of UV A) memberikan perlindungan terhadap sinar UV A. Kadar perlindungan PA biasanya ditulis dengan tanda +, semakin banyak tanda + maka semakin tinggi perlindungannya. PA + adalah yang paling rendah dan PA++++ yang paling tinggi. Sunscreen dengan PA++ atau PA+++ sudah cukup optimal untuk memberikan perlindungan.

2. Pilih sunscreen sesuai dengan jenis kulit
Sebelum membeli sunscreen kenali jenis kulit terlebih dahulu, apakah termasuk kulit berminyak atau kering. Untuk kulit berminyak pilih sunscreen dengan bahan dasar air dan non komedogenik. Sedangkan untuk kulit kering, pilih sunscreen yang dapat melembabkan kulit.


Kesalahan dalam memakai sunscreen

Setelah membeli sunscreen yang benar, jangan hanya dianggurkan di pojokan meja, sayang banget! Kini saatnya untuk lebih rajin memakai sunscreen dengan benar. “Lho, memangnya pakai sunscreen ada aturannya? Bukan dioles-oles aja?” 

Tentu saja memakai sunscreen ada aturannya, harus dengan cara yang tepat agar perlindungannya maksimal. Sekadar mengoles adalah salah satu kesalahan dalam memakai sunscreen. Lalu apalagi kesalahan yang sering dilakukan? Simak penjelasan berikut:

1. Memakai sunscreen sesaat sebelum keluar rumah
Memakai sunscreen yang benar adalah 20-30 menit sebelum terpapar sinar matahari, bukan sesaat sebelumnya. Dengan begitu sunscreen akan menyerap dengan baik ke dalam kulit sehingga bisa bekerja dengan maksimal.

2. Tidak mengulang pemakaian tiap 2 jam
Memakai sunscreen tidak cukup hanya sekali, tetapi perlu diulangi setiap 2 jam. Efek perlindungan sunscreen terbatas, hanya 2-3 jam, lebih dari itu maka sudah tidak efektif lagi. 

“Bagaimana cara me-reapply sunscreen Jika memakai make up atau kosmetik?” Jika memakai sunscreen krim atau gel maka harus membersihkan make up dulu sebelum memakai sunscreen. Namun, tidak perlu khawatir. Supaya tidak rempong membersihkan make up yang sudah OK banget, pilih sunscreen spray atau powder yang bisa langsung dipakai tanpa harus membersihkan make up.

3. Takaran tidak cukup
sumber gambar: yukepo.com

Sekadar mengoles sunscreen tipis-tipis tidak akan efektif. Perlu takaran yang cukup agar kulit terlindungi secara maksimal. Takaran yang tepat adalah sebanyak satu sendok teh atau sekitar 2 jari untuk:
  • wajah, leher, dan telinga 
  • masing-masing lengan dan kaki
  • punggung
  • badan bagian depan
 “Wah, boros banget dong?” Memang iya. Kira-kira begini kata dokter kulit yang saya ikuti itu, “Kalau sebotol sunscreen bisa awet selama sebulan atau lebih, pasti cara pakainya kurang.”

Namun, bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Karena biaya untuk memperbaiki segala efek negatif yang muncul akibat paparan sinar matahari pastinya lebih banyak. Sekarang juga sudah banyak produk sunscreen lokal dengan harga yang terjangkau.

4. Tidak memakai sunscreen ketika cuaca mendung atau berada di dalam ruangan
Cuaca mendung di siang hari bukan berarti aman dan terbebas dari paparan sinar matahari, karena sinar matahari tetap bisa menembus walaupun cuaca mendung. Oleh Karena itu, walaupun mendung dan hujan, tetap pakai sunscreen ya. 

Begitu juga dengan di dalam ruangan, selama ruangan tersebut masih ada celah untuk masuknya sinar matahari maka  tetap pakai sunscreen ya. Kecuali jika berada dalam ruangan yang benar-benar tertutup dan sama sekali tidak ada sinar matahari yang masuk.

Itulah beberapa kesalahan memakai sunscreen yang perlu dihindari. Jangan sampai sunscreen kita menjadi sia-sia alias mubadzir karena cara memakainya yang salah atau kurang tepat. Memakai sunscreen tidak hanya diperlukan oleh orang dewasa. Anak-anak pun juga perlu memakai sunscreen, pilih jenis sunscreen untuk anak-anak.

Namun, walaupun sudah memakai  sunscreen tetap jangan terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama ya. Tidak ada sunscreen yang dapat memberikan perlindungan 100%. Jika harus beraktivitas di bawah terik matahari, maka gunakan perlindungan tambahan seperti memakai baju dan celana panjang yang menutupi tubuh, topi, atau payung.

Post a Comment

0 Comments