Hal yang Harus Dipelajari Untuk Memulai Blogging


Minggu ini adalah pekan kedua program mentorship bunda cekatan, saatnya para mentee untuk melakukan self assessment terkait dengan bidang yang dipilih. Pada tulisan sebelumnya, saya menceritakan bahwa saya belajar blogging pada mentorship ini, maka dari itu saya perlu mengidentifikasi sejauh mana kemampuan saya dalam blogging.

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya membuat blog. Dulu, waktu masih kuliah saya pernah membuat blog beberapa kali dengan berbagai platform, yaitu wordpress, blogspot, dan tumblr (untuk tumblr saat ini masih bisa diakses) tetapi tidak terurus hingga lupa user dan passwordnya. Tahun lalu pun saya juga membuat blog sebagai tempat menuliskan jurnal kelas bunda sayang, tetapi terulang lagi kesalahan yang sama. Hingga akhirnya bulan lalu saya membulatkan tekad untuk membuat blog lagi, kali ini saya membeli domain, niatnya sih agar lebih semangat mengurus blognya. Jadi bisa dibilang blogging bukanlah hal yang baru untuk saya.

Meskipun sudah beberapa kali membuat blog, ternyata skill dan pengetahuan saya dalam dunia blogging masih sangat rendah. Memangnya skill apa saja yang diperlukan untuk menjadi blogger? Ternyata banyak, Pemirsa. Mbak Marita, mentor saya memberikan beberapa poin tentang keahlian minimal seorang blogger dan ternyata masih banyak yang belum saya ketahui. Dari diskusi dengan mbak Marita, berikut beberapa hal yang perlu dikuasai seorang blogger agar bisa menjadi profesional.

1.   Kemampuan menulis yang baik

Content is a king, secantik apapun blognya, jika tulisan atau artikel di dalamnya kurang menarik maka pembaca tidak akan betah untuk berlama-lama mengunjungi blog kita. Jadi, yang pertama diperlukan adalah kemampuan menulis yang baik. Kemampuan menulis artikel dengan baik tidak dating secara tiba-tiba, perlu terus dilatih. Semakin tinggi jam terbang, maka keahlian juga akan semakin bertambah. Oleh karena itu, harus konsisten untuk menulis agar jam terbang semakin bertambah.

 Selain rajin menulis, seorang penulis atau blogger tentu saja harus rajin membaca. Bisa membaca buku atau blogwalking, membaca tulisan para blogger lain. Membaca akan menumbuhkan ide-ide baru, dan kita bisa belajar tata penulisan dari penulis lain. 

2.   Mengerti tentang artikel SEO friendly

Search Engine Optimization (SEO) adalah cara untuk mengoptimasi suatu website atau blog agar bisa muncul dalam mesin pencarian seperti google. Dengan menulis artikel yang SEO friendly maka kemungkinan artikel bisa muncul di halaman pertama mesin pencari semakin tinggi. Perlu teknik khusus untuk mempelajari SEO ini.

Selama ini,  saya menulis artikel tidak berdasarkan kaidah SEO, yang penting nulis dulu. Kalau istilahnya Mbak Marita, menulis dari hati. 

3. Paham fungsi setiap menu pada dashboard

Dashboard pada platform blog mempunyai fungsinya masing-masing yang penting untuk mengatur tulisan, layout, dan tema. Seorang blogger harus mengerti fungsi dashboard agar bisa mengulik pernak-pernik pada blognya. 

Pada blogger, berikut beberapa menu beserta fungsinya:

  • nama blog dan tanda panah ke bawah untuk melihat blog lain jika mempunyai lebih dari satu blog
  • view blog: untuk melihat tampilan blog. Jika diklik maka otomatis blog kita akan terbuka di halaman baru
  • Post: untuk melihat semua postingan, draft dan tulisan yang sudah diterbitkan.
  • statistik: untuk melihat jumlah yang mengunjungi blog dan jumlah pembaca setiap tulisan kita. Selain itu kita juga bisa melihat dari negara mana saja pengunjung blog kita.
  • comment/ komentar: untuk melihat komentar pada tulisan yang dipsoting
  • earnings: untuk mendaftar ke google adsense, dengan begitu kita bisa mendapat penghasilan dari blog
  • pages: untuk membuat halaman mandiri di blog
  • layout: untuk mengatur tampilan blog dan tata letaknya
  • theme: untuk mengganti dan mengatur tema blog
  • settings:untuk mengubah pengaturan blog, misalnya mengatur judul blog, deskripsi blog, komentar, dan lainnya
  • reading list: berisi daftar blog yang diikuti

4.  Keterampilan mendesain blog

Tampilan blog mempunyai peran tak kalah penting. Desain dan tema yang unik, cantik, dan menarik bisa membuat pembaca betah untuk tinggal. Tampilan blog harus diatur agar tidak terlalu berat sehingga membuat loadingnya lama. Sistem navigasinya pun perlu ditata secara informatif agar pembaca mudah mengeskplorasi blog kita.

Mendesain blog juga berhubungan dengan Bahasa coding CSS dan HTML. Oleh karena itu, blogger perlu mempelajarinya. Awalnya mungkin akan terasa memusingkan, seperti yang saya rasakan. Tapi, pusing dan sakit kepala langsung hilang ketika melihat tampilan blog makin cantik setelah mengulik HTML.

Untuk tampilan blog, Mbak Marita memberikan beberapa tips, yaitu:

  •           Buat tampilan yang sederhana
  •           Gunakan warna putih untuk background tulisan
  •           Jangan menggunakan terlalu banyak kombinasi warna, cukup dua atau tiga warna
  •           Untuk layout: sidebar di kanan dan konten di kiri
  •           Besarnya header tidak lebih dari setengah layar.

Itulah beberapa hal yang perlu dipelajari oleh blogger untuk menjadi profesional. Dari beberapa hal tersebut, saya baru bisa  menulis dari hati dan mengganti  template blog yang simple, masih banyak yang harus saya pelajari.

 

 

 


Post a Comment

0 Comments