#DiRumahAja tapi Jerawat Tumbuh Subur? Ini Penyebabnya



“Aduh, kenapa jerawat pada muncul padahal #DiRumahAja, jarang keluar rumah dan nggak kena debu jalanan?” Adakah yang mengalami hal itu juga? Atau hanya aku seorang yang mengalami breakout selama di rumah aja? Breakout merupakan kondisi di mana jerawat muncul lebih banyak dan biasanya meradang. Penyebabnya pun ada banyak, misalnya tidak rutin membersihkan kulit, tidak cocok dengan produk skincare atau kosmetik, debu, makanan, stres, dan hormonal.

Sejak covid-19 mulai menyerang Indonesia, sebagian besar pekerja menjalankan work from home, anak sekolah juga school from home, dan mahasiswa pun kuliah hingga sidang skripsi secara online untuk mengurangi risiko penularan. Bukankah seharusnya kulit jadi bersih selama #DiRumahAja karena kulit bebas dari paparan debu di luar dan make up? Namun nyatanya tidak begitu, sebagian (atau sebenarnya kebanyakan) orang justru mengeluhkan jerawat tumbuh subur padahal jarang keluar rumah.

Karantina diri di rumah membuat aktivitas sehari-hari berubah. Rutinitas perawatan kulilt wajah pun ikut berubah. Dulu rajin memakai skincare pagi dan malam, tetapi sekarang skincare dilupakan karena toh di rumah aja. Adakah yang begitu? Selain rutinitas yang berubah, jerawat juga dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri, lho. Untuk lebih jelasnya,berikut beberapa penyebab suburnya jerawat selama #DiRumahAja:

1. Tidak membersihkan  dan merawat  kulit secara rutin

Perubahan jadwal dan kegiatan sehari-hari mungkin saja membuat rutinitas harian juga berubah, ternasuk rutinitas perawatan diri. Dulu, saat masih beraktivitas di luar, pagi hari sudah mandi lengkap dengan cuci wajah bahkan double cleansing. Malam hari sebelum tidur pun tidak lupa selalu membersihkan make up, mencuci wajah, tak lupa memakai serum dan krim malam. Sekarang, ketika semua aktivitas dilakukan di rumah, apakah rutinitas tersebut masih berlangsung? Ataukah skincarenya teronggok saja di sudut meja? Silakan tanyakan pada diri masing-masing yaaa.


 2. Melupakan sunscreen

Memakai sunscreen atau tabir surya penting untuk menjaga kulit dari efek buruk paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet (UV) A dan UV B dalam sinar matahari dapat menyebabkan masalah pada kulit. Sunburn, flek hitam, hingga kanker kulit dapat dipicu oleh paparan sinar matahari. "Pemakaian semua skinncare akan sia-sia jika tidak diikuti dengan pemakaian sunscreen yang rutin", begitu kata seorang dokter spesialis kulit.

Walaupun #DiRumahAja, sunscreen tetap harus dipakai selama ada cahaya matahari yang masuk, misalnya melalui jendela. Pilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal SPF 30 dan mengandung PA. Kandungan SPF dan PA berfungsi untuk melindungi efek negatif UV A dan Uv B. Cara pemakaiannya pun harus benar karena pemakaian sunscreen yang tidak tepat tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Berikut cara memakai sunscreen yang benar yaitu:

  • Dipakai 20 menit sebelum terkena paparan sinar matahari
  • Ulangi pemakaian tiap 2 jam, karena efektivitasnya sunscreen hanya sekitar 2 jam
  • Takaran pemakaiannya juga harus cukup, untuk wajah dan leher saja membutuhkan sebanyak 2 jari. Wah, banyak banget ya? Iya, agar efek perlindungannya maksimal.

sumber gambar: yukepo.com

3. Stres

Terlalu lama di rumah bisa membuat kita merasa bosan. Belum lagi pekerjaan yang menumpuk, deadline, dan banyaknya berita negatif yang terus membombardir sangat rentan membuat stres. Stres mempunyai banyak efek buruk. Ketika stres, tubuh akan menghasilkan suatu hormon yang disebut kortisol. Hormon ini mempunyai banyak efek pada tubuh. Pada kulit, kortisol menyebabkan produksi minyak berlebih sehingga kulit menjadi lebih rentan berjerawat.

4.  Makanan yang tidak sehat

 Salah satu pelarian diri ketika bosan di rumah adalah makanan. Apalagi jika ditambah dengan beban pikiran yang terlalu berat atau stres, maka keinginan untuk makan atau ngemil akan semakin besar. Jika keinginan makan ini dipenuhi dengan berbagai cemilan yang tinggi gula atau lemak, misalnya segala jenis kue, coklat, atau gorengan maka akan menimbulkan efek buruk bagi kulit. Makanan tidak sehat membuat kulit lebih rentan untuk berjerawat.

Jadi, jika keinginan ngemil bertambah ketika di rumah, pilih makanan yang sehat, misalnya buah. Walaupun begitu, pola makan sehat harus tetap dijaga agar berat badan tidak bertambah dan tubuh tetap sehat dan bugar.

5. Terlalu sering memakai masker

Walaupun seharusnya kita #DiRumahAja, tetapi mungkin ada keperluan yang membuat kita harus keluar rumah, misalnya untuk membeli keperluan sehari-hari. Namun, tentu saja kita harus mematuhi beberapa protokol untuk menghindari penularan covid-19, yaitu  memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan rajin cuci tangan memakai sabun. Namun, terlalu lama memakai masker ternyata bisa menimbulkan masalah bagi kulit lho, lengkapnya bisa baca di sini. Salah satu masalahnya adalah kulit menjadi lebih mudah berjerawat. Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi keluar rumah, jika terpaksa keluar rumah maka jangan terlalu lama agar wajah tidak terlalu lama tertutup masker.

 Itulah beberapa hal yang dapat memicu tumbuhnya jerawat selama #DiRumahAja. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan perawatan diri walaupun tidak kemana-mana ya. 


Post a Comment

4 Comments

  1. Iya kelamaan stay at home wajah bukannya glowing tapi malah burik karena males skincare-an, sering makan goreng-gorengan, begadang terus jarang olahraga juga 😂 untungnya rasa malasnya sekarang sudah saya lawan 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg sebelumnya rajin skincare am pm sekarang rapel ajaa..memang harus dilawan ya malasnya :D

      Delete
  2. Bener ih bikin mageran pas di rumah aja, jerawat jadi bersemi. Salah banget ngira wajah tetap bersih selama ngendap di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, bawaannya mager pake skincare. Tapi mau ga mau tetap harus rajin skincare pagi malem ya biar tetap glowing hehe..

      Delete